Detail Potensi Desa

KOMODITAS PERTANIAN DESA

Desa Pringu Kecamatan Bululawang adalah daerah atau desa yang unggul dalam bidang pertanian.

Komoditas unggulan pertanian yang ada pada desa ini yaitu komoditas pangan antara lain tanaman padi, jagung, dan tebu.

Tanaman padi biasanya di tanam pada musim penghujan sedangkan untuk tanaman jagung ditanam pada saat musim kemarau.

Pola tanam seperti ini disebabkan karena pada saat musim penghujan debit air lebih besar dan cocok untuk ditanami padi yang membutuhkan air yang cukup banyak.

Sedangkan pada musim kemarau umumnya ditanami tanaman jagung karena debit air berkurang dan tanaman jagung membutuhkan air yang lebih sedikit dari pada tanaman padi.

Luas lahan pertanian yang ditanami padi dan jagung seluas 60% dari luas lahan pertanian secara keseluruhan, 30% ditanami tebu, dan 10% ditanami tanaman pangan lainnya.

Khusus untuk tanaman jagung di Desa Pringu biasanya bekerja sama dengan perusahaan pembenihan jagung untuk meningkatkan nilai jual jagung sehingga dapat meningkatkan taraf perekonmian petani yang ada di Desa Pringu.

Perusahaan pembenihan yang sering bekerja sama (bermitra) dengan Desa Pringu antara lain: Sygenta, Avanta, dan Piooner.

Untuk Hasil dari pertanian padi umumnya oleh petani disimpan sendiri untuk kebutuhan sendiri dan sisanya dijual pada lumbung pangan yang ada di Desa pringu.

Lumbung pangan ini dikelola oleh Kelompok Tani "SUBUR RAHAYU".

Untuk tanaman tebu biasanya petani ada yang bekerja sama dengan KUD "SARI BUMI" ada juga yang dijual langsung ke pabrik pengolahan tebu terdekat.

 

Potensi Desa Terkait